Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Kesadaran mengenai pentingnya melindungi kendaraan bermotor dan diri sendiri melalui asuransi mobil syariah tidak terlepas dari kekhawatiran adanya risiko kecelakaan yang dapat mengancam kendaraan bermotor Anda. Tetapi banyaknya pilihan perusahaan asuransi dan produk yang ditawarkan kadang menimbulkan kebingungan dalam memilih asuransi kendaraan terbaik untuk mobil.  Untuk memudahkan Anda memilih asuransi mobil terbaik, perhatikan beberapa hal berikut ini

Kenali Jenis Perlindungan yang Diperlukan

Asuransi mobil syariah menawarkan 2 jenis perlindungan yaitu TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Asuransi TLO menawarkan perlindungan ketika mobil mengalami kerusakan parah atau lebih dari 75%, kehilangan karena perampasan maupun pencurian. Sedangkan asuransi all risk menawarkan perlindungan secara menyeluruh mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga risiko kehilangan

Biasanya kedua jenis perlindungan ini memiliki perluasan perlindungan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, bila lokasi rumah sering mengalami bencana banjir, Anda dapat menambahkan perlindungan terhadap risiko tersebut. Perluasan perlindungan ini dapat menjadi faktor penentu saat memilih perusahaan penyedia asuransi. Anda perlu memastikan bahwa perlindungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penghitungan Premi Asuransi Mobil

Ada beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap jumlah premi yang wajib dibayar oleh pelanggan di antaranya adalah jenis perlindungan, tipe kendaraan, usia kendaraan, dan kategori wilayah kendaraan beroperasi sesuai dengan ketetapan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kendaraan yang usianya di atas 5 tahun umumnya harus membayar premi yang lebih tinggi karena ada loading fee. Makin tua usia mobil, ini artinya semakin tinggi premi asuransi mobil tersebut

Demikian halnya dengan wilayah lokasi kendaraan beroperasi. OJK telah membagi wilayah menjadi 3 bagian. Wilayah 1 mencakup Sumatera dan sekitarnya, Wilayah 2 mencakup DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, Wilayah 3 adalah selain wilayah 1 dan 2. Adanya pembagian wilayah tersebut akan berpengaruh terhadap besarnya premi asuransi mobil.

Reputasi Perusahaan Asuransi

Banyaknya pilihan produk asuransi syariah untuk mobil yang menyediakan layanan dan besaran premi yang berbeda-beda, Anda perlu mengetahui dan membandingkan reputasi perusahaan penyedia asuransi. Reputasi ini dapat Anda ketahui dari rasio likuiditas, Risk Based Capital, dana jaminan, dan berbagai faktor lain yang berkaitan dengan kualitas layanan yang diberikan dengan kemampuan keuangan perusahaan. Selain itu, pastikan juga bahwa perusahaan asuransi yang dipilih terdaftar di (AAUI) Asosiasi Asuransi Umum Indonesia dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Anda dapat mencari perusahaan asuransi yang sudah berdiri cukup lama dan menyediakan beragam layanan asuransi yang komprehensif sesuai dengan prinsip syariah misalnya kendaraan bermotor, properti, dll. Selain itu, pastikan juga bahwa perusahaan tersebut memiliki banyak kantor cabang

Bengkel Rekanan Perusahaan Asuransi

Untuk memilih perusahaan asuransi mobil syariah, Anda juga perlu mengetahui daftar bengkel rekanan yang menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi. Bengkel rekanan tersebut akan melakukan pemeliharaan dan perbaikan saat mobil Anda mengalami kerusakan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain adalah mencari tahu apakah ada bengkel rekanan yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal Anda, cara kerja dan layanan bengkel rekanan, dan jaminan orisinalitas suku cadang yang dijual bengkel rekanan. Anda dapat mencari informasi tersebut dari rekan atau ulasan di internet mengenai bengkel tersebut.

Memahami Hak dan Kewajiban Nasabah

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam memilih asuransi syariah adalah memahami hak dan kewajiban nasabah. Ketahui secara jelas mengenai syarat atau klaim dan ketentuan risiko yang menjadi pertanggungan. Pasalnya setiap perusahaan asuransi syariah sudah memiliki ketentuan masing – masing mengenai hak dan kewajiban nasabahnya. Anda dapat bertanya kepada pihak penyedia asuransi mengenai hal ini. Pastikan Anda mencari informasi secara detail untuk memastikan asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik syariah. Tidak ada salahnya untuk membandingkan informasi layanan asuransi mobil dari beberapa layanan asuransi syariah. Ketahui kelebihan dan kekurangan dari masing – masing layanan tersebut kemudian putuskan asuransi mana yang paling sesuai untuk kendaraan Anda.