Cara Pintar Jadi Polyglot, Si Jenius Dalam Berbahasa

Pengen banget bisa belajar banyak bahasa asing kayak si polyglot ini? Eits, tapi sebelumnya polyglot itu apa sih? Yup, seseorang yang bisa menguasai empat bahasa atau lebih bisa disebut sebagai polyglot. Istilah polyglot sendiri diambil dari bahasa Yunani, yaitu polyglottos yang artinya banyak lidah, poly “banyak” dan glotta “lidah-bahasa”.

 

Di Indonesia sendiri ada lho komunitas “Polyglot Indonesia” yang berdiri sejak 2012. Polyglot Indonesia didirikan oleh Arra’di Nur Rizal, Monis Pandhu Hapsari, dan Krisna. Terinspirasi oleh komunitas Polyglotclub di Paris, motivasi awal pembentukan Polyglot Indonesia adalah untuk memperbanyak jam praktek bahasa asing yang lagi dipelajari dalam suasana yang santai dan fun. Nggak cuma bisa belajar bahasa asing aja, tapi di sini kita juga bisa sharing tentang beasiswa dan pengalaman mereka dalam belajar bahasa asing di luar negeri.

Sebenarnya siapa aja bisa lho jadi polyglot, yang kita perlukan hanyalah niat belajar yang kuat dan nggak pantang menyerah. Belajar bahasa asing juga nggak harus di tempat les, tapi kita bisa kok belajar bahasa asing dari lingkungan sekitar, coba deh kita nonton film dengan subtitle bahasa Inggris (atau bahasa lainnya yang ingin kita pelajari), secara nggak langsung kita belajar bagaimana cara pengucapannya. Dan kita bisa ikut club bahasa yang ada di sekolah atau bergaul dengan teman yang jago bahasa asingnya.

Selain itu, buat kita yang suka dengerin musik bisa banget nih. Kalo kita penasaran dengan liriknya tinggal searching dan jadi tau kan apa arti dari kata-kata di lirik tersebut. Kalo kita mau belajar dari tutor juga bisa kok, sekarang banyak website yang nyediain belajar bahasa asing secara gratis. Kayak open culture, memrise, hinative, learn a language, byki, bestessay education, duolingo, busu dan babble. Kita cukup ngeluangin waktu 30 menit/sesinya dan jaringan internet. Praktis banget kan?

Kalo udah belajar secara teori, saatnya kita langsung praktek nih. Cari teman yang bisa dengan lancar berbahasa asing dan coba ngobrol sama mereka. Sekalian juga untuk minta koreksi kalo kita ada kesalahan atau nggak punya teman yang lancar berbahasa asing, kita juga bisa nerapin bahasa asing yang udah kita pelajari dikehidupan sehari-hari. Mau dibilang kayak Cinta Laura karena ngomong bahasa Indonesia dicampur dengan Inggris juga pede aja, yang penting nanti kita bisa lancar ngomongnya kan?

Banyak banget lho keuntungan yang bisa kita dapet dengan jadi seorang polyglot. Pertama, saat ngelamar kerja ada nilai plus karena kita bisa nguasain berbagai bahasa, kalo travelling nggak perlu takut lagi karena kendala bahasa, kita juga bisa aplly beasiswa di negara yang kita mau, bisa nambah teman dari negara lain dan kita juga bisa menciptakan peluang untuk bisnis nih. Buka aja jasa penerjemah bahasa atau jadi guru les bahasa asing ke teman atau adik kelas kita. Lumayan kan duitnya buat jajan? Hehe

So, tunggu apalagi untuk jadi seorang Polyglot?