7 Alasan Kenapa Orang Butuh Berbohong

Banyak banget alasan kenapa orang melakukan kebohongan. Entah itu kebohongan buat nutupin kebenaran, berbohong buat melindungi diri sendiri, atau berbohong buat melindungi orang lain. Kebiasaan buruk ini jadi kebiasaan yang ‘wajar’ bahkan biasa dilakuin sama hampir semua orang. Kira-kira selain alesan tadi, apalagi ya yang bikin kita atau orang lain bohong?

 

1. BOHONG ITU PENTING BUAT MEREKA

Buat mereka yang sering bohong, alasan nomor satu kenapa mereka berbohong adalah karena mereka nganggep kalo bohong itu nggak masalah dan bener-bener hal yang penting. Jadi selama nggak ada yang komplain soal omongan itu, mereka bakal tetep menganggap kebohongan mereka itu penting.  Duh gimana ya kalo ketemu orang yang kayak gini.

 

2. MENGHARAPKAN SESUATU

Terkadang orang berbohong karena mereka  mengharapkan sesuatu. Atau juga biasanya mereka melakukan hal itu untu mendapatkan reaksi yang mereka mau. Misalnya, tiba-tiba temen kita ngasih tau berita yang heboh yang sebenernya bohong, karena pengen melihat reaksi yang dia mau dari kita, akhirnya dia milih buat melebih-lebihkan berita tersebut.

 

3. NGGAK MAU MENGECEWAKAN ORANG LAIN

Mungkin kita nggak merasa kalo apa yang mereka bilang itu mengecewakan kita, tapi orang yang memilih berbohong biasanya takut  dan khawatir mengecewakan orang di sekitarnya. Selain takut dan khawatir, mereka juga nyoba buat menghargai kita. Contohnya kalo pacar kita masak, pas kita nyoba ternyata masakannya hambar, karena nggak mau bikin kecewa pacar kita akhirnya kita terpaksa deh buat  bohong dan bilang kalo masakannya enak banget.

 

4. MALU

Siapa sih yang nggak mau keliatan jelek? Pasti jawabannya nggak ada dong. Nah, terkadang hal kayak gitu terjadi nih sama kita. Kejelekan dan kekurangan kita terpaksa kita tutupin dengan cara kita bohong. Padahal, yang kayak gitu kalo kebongkar bisa banget bikin kita makin keliatan jelek. Daripada bohong, lebih baik buat ngaku dan nyoba buat memperbaikinya kan.

 

5. BUAT MEREKA ITU BUKAN KEBOHONGAN

Karena saking seringnya berbohong, akhirnya malah bikin hal itu jadi kebiasaan, entah itu karena melihat suasana sekitar atau emang udah ke set di pikipik kita karena terlalu sering bohong. Nah, how to stop it? Coba deh buat membayangkan gimana rasanya kita kalo di posisi orang yang sering kita bohongin? Pasti sedih kan. Jadi sebelum terlambat, lebih baik berhenti dan mulai buat selalu jujur biar nggak banyak orang di sekitar kita yang nggak sengaja kita sakitin.

 

6. MENARIK PERHATIAN

Ada lagi hal simpel yang akhirnya bikin orang berbohong, yaitu buat nyari perhatian. Entah itu perhatian temen atau perhatian dari gebetan kita. Demi kesenangan dan kebahagiaan kita sendiri, akhirnya kita rela buat berbohong.

 

7. TAKUT

Mungkin ini adalah salah satu alasan yang paling sering kita pake, ketika kita berbohong. Yap, alasannya adalah takut. Perasaan takut yang cukup tinggi bikin kita harus melakukan kebohongan buat nutupin rasa takutnya. Misalnya pas kita melakukan kesalahan di sekolah, rumah atau di kantor kita terpaksa berbohong karena kita nggak mau dapet hukuman.

 

Nah guys, daripada kita lebih asyik berbohong dengan alasan-alasan di atas lebih baik kita jujur. Karena kebohongan adalah hal yang nggak baik buat dilakuin.

Leave a Comment